Laman

Selasa, 18 November 2014

SEJARAH PERJUANGAN KARAENG GALESONG

Sejarah Perjuangan Karaeng Galesong
Di dalam sejarah, Galesong adalah salah satu wilayah kekuasaan kerajaan Gowa. Karaeng Galesong pertama adalah putra sulung Sultan Hasanuddin dari istri keempatnya bernama I Hatijah I Lo’mo Tobo yang berasal dari Bonto Majannang. Karaeng Galesong lahir pada tanggal 29 Maret 1655. Pada masa pemerintahan Sultan Hasanuddin, Atas dasar bakat kepemimpinan yang dimilikinya, beliau diangkat oleh ayahnya sebagai Karaeng (Kare) di Galesong dan namanya menjadi I Mannindori Karaeng Tojeng Karaeng Galesong (Galesong, termasuk bawahan kerajaan Gowa) dan kemudian menjadi panglima perang kerajaan Gowa.
Kerajaan Gowa yang mahsyur berabad di kaki pulau Sulawesi itu, akhirnya takluk di moncong meriam Kompeni Belanda. Di daerah Bungaya, pada tahun 1667 I Mallombassi Daeng Mattawang, Sultan Hasanuddin bersimpuh pada klausul Bungaya (cappaya ri Bungaya) walau sangat merugikan kerajaan. 15 benteng di sepanjang pesisir selatan runtuh, petinggi kerajaan ramai-ramai tunduk pada Belanda.
Namun, Kompeni tidak serta merta menguasai jalur pelayaran Indonesia barat ke timur. Di laut Spermonde, mereka menyebut adanya gangguan dari “Macassarsche zee rovers”, lanun dari Makassar. Mereka adalah prajurit Kerajaan Gowa yang dipimpin oleh I Mannindori Kare Tojeng, penguasa wilayah Galesong di selatan Somba Opu.
I Mannindori, Raja Galesong atau Karaenga ri Galesong enggan tunduk pada isi Perjanjian Bungaya. Dia sesak pada isi perjanjian yang menurutnya tidak adil. Bulat tekadnya untuk melawan dan memilih meninggalkan tanah leluhurnya, berlayar ke barat menyusun strategi dan melanjutkan perlawanan.
Kualleangna tallanga natoalia” lebih baik ku pilih tenggelam dari pada kembali, begitulah isi benak Karaeng Galesong ketika memutuskan bersiasat ke laut. Dari pada tinggal tapi hanya jadi pemimpin tanpa pengikut, dari pada jadi panglima tanpa prajurit. Dari pada jadi Karaeng tanpa pengikut.
Berdasarkan cerita lisan yang berkembang di dalam masyarakat Galesong bahwa sifat pemberani telah dibuktikan oleh sejumlah orang Galesong dalam menentang dominasi Belanda di tanah Makassar. Diceritakan bahawa I Mangngopangi Daeng Ngutung pernah mengucapkan janji di hadapan Karaeng Galesong, antara lain:

Bajimaki anne abbannang kebo’ karaeng
Pada saatnya kita harus berikrar
Naki bulo sibatang
Dan bersatupadu
Cera’ sitongka-tongka
Seia-sekata
Nanipajappa nikanayya kuntutojeng
Dan menjalankan yang namanya kebenaran
Ansorong bokoi ero’na Balandayya
Membelakangkan keinginan Belanda
Aminasa dudutonga karaeng
Sungguh ku berniat karaeng
Ampannepokangi pasorang
Mematahkan senjatanya
Ma’tangnga parang
Di tengah medan perang
Ampanumbangngangi balembeng ma’bangkeng romang
Meruruntuhkannya bagai Pohon di tepi hutan
Punna nia bura’ne karaeng rewanggang na inakke
Jikalau ada lelaki yang lebih jantan dari saya karaeng
Sere’lipa kuruai kusionjo’ tompo bangkeng
Satu sarung kami berdua saling beradu
Kusikekke kamma lame kukamma mamo kicini karaeng
Saling merobek layaknya ubi, seperti itulah yang karaeng lihat
Tedong a’lagayya jarang sialle ganayya
Bagai kerbau yang beradu, kuda yang bersetubuh
Nampa kicinika I Mangopangngi Daeng Nguntung
Kemudian lihatlah I Mangopangngi Daeng Ngutung
Campagana Bulukumpa
Campagana Bulukumba

Sesudah I Mangopangi lalu berdiri I Pasanri Daeng Kancing bersumpah:
Manna ka’kanying ilau
Walau awan gelap di barat
Bangkeng barakka kucini
Hujan badai yang kulihat
Tamminasayya
Tidak berniat
Towali ri’turungangku
Kembali ke asalku
Eja tompiseng na doang karaeng
Kalaulah merah itulah udang karaeng
Tumbang tompi na nicini
Nantilah runtuh baru kita lihat
Nanisombali tangkana sikalia
Kemudian kita biarkan berlayar (pergi) orang yang tidak berkata tegas

Setelah itu, disusul kemudian I Yumara Daeng Mappasang berikrar:
Bannang ejayya ri Bajeng
Benang merah dari bajeng
Tassampea ri Galesong
Yang tersangkut di Galesong
Tappuki na ta’kombeka
Putus tapi tak kendor
Anrai-raiki karaengku
Ke timurlah wahai raja
Inakke irayanganta
Saya lebih ke timur lagi
Kalakalaukki karaengku
Ke baratlah wahai raja
Inakke ilaukanna
Saya lebih ke barat lagi
Karaengku jammeng
Rajaku wafat
Ikambe lingka tongi seng ri anja
Kami ikut meninggal
Pangkai jeraku karaeng
Tandai kuburanku wahai raja
Tinraki bate onjokku
Tandai bekas telapak kakiku
Tena kuero karaeng lari ri parang bali
Tak kuingin lari dari medan perang
Nakiciniki I Yumara Daeng Mappasang
Lihatlah I Yumara Daeng Mappasang
Bannang ejana Bajeng
Benang merah dari Bajeng
Panjarianna tumanurunga ri Ko’mara
Keturunan tumanurunga’ ri Ko’mara

Karaeng Galesong bersama prajuritnya nan setia, mengembara di Selat Makassar dan mengganggu kepentingan pelayaran Belanda. Kemudian untuk melanjutkan perlwanan melawan VOC, Karaeng Galesong ke tanah Jawa. Ia tidak ingin berada di bawah jajahan Belanda, karenanya memilih untuk meninggalkan tanah Gowa bersama beberapa kerabat kerajaan. Mereka antara lain Karaeng Tallo Sultan Harun arrasyid Tumenanga ri Lampana, Daeng Mangappa (saudara kandung Karaeng Tallo), dan Karaeng Bontomarannu Tumma Bicara Butta Gowa.
Sejarah menuturkan, perjuangan Karaeng Galesong berlanjut ke tanah Jawa. Karaeng Galesong melakukan ekspedisi ke Pulau Jawa untuk membantu perjuangan Sultan Ageng Tirtayasa (Sultan Banten) dan Raden Trunojoyo (Panembahan Maduretno) dalam memerangi VOC Belanda. Dalam Ekspedisi tersebut terbagi ke dalam beberapa Gelombang, yakni;
Gelombang pertama adalah ekspedisi yang dipimpin oleh Laksamana Besar Karaeng Bontomarannu. Dalam kontingen itu ikut pula para pembesar Kerajaan Makassar beserta dengan laskarnya, antara lain disebutkan : Sultan Harun Al Rasyid (Karaeng Tallo), I Ata Tojeng Daeng Tulolo (Adik Sultan Hasanuddin), I Manindori Karaeng Mangeppe’ dan Syaiful Muluk Karaeng Bonto Majannang. Ekspedisi perang ini terdiri dari 4 armada dengan kekuatan 800 Laskar yang bersenjata lengkap. Mereka merapat di Pelabuhan Banten pada tanggal 19 Agustus 1671.
Gelombang kedua dipimpin oleh Settia Raja Opu Cenning Luwu (Petta Matinroe ri Tompotikka Pajung Luwu XIX) dan I Muntu DaEng Mangappa (Putera Karaeng Bontomarannu), terdiri dari 2 armada dengan 350 Laskar bersenjata lengkap pula. Kontingen ini berlabuh di Banten pada tanggal 16 September 1671.
Gelombang ketiga dipimpin oleh I Mannindori Kare' Tojeng Karaeng Galesong, dimana dalam kontingen ini pula turut ikut Abdul Hamid Daeng Mangalle bersama kedua pengawal setianya dan para tokoh besar Kerajaan Gowa lainnya. Mereka itu adalah I Adulu' Daeng Mangalle (Putera Sultan Hasanuddin), I Fatimah Daeng Takontu (Puteri Sultan Hasanuddin yang terkenal sebagai Panglima Srikandi Balira) dan La Mappa Arung Tonra Karaeng Rappocini'. Kontingen inilah yang paling besar dibanding sebelumnya, yakni : terdiri dari 70 buah armada perang yang memuat 20.000 laskar bersenjata lengkap. Mereka berlabuh di Pelabuhan Banten dalam bulan Oktober 1671.
Tidak dapat dilupakan pula, bahwa hampir bersamaan dengan gelombang pertama ekspedisi tersebut diatas telah menyusul pula kontingen lain yang bertolak dari Pelabuhan Makassar , yakni : Laskar Gabungan Melayu-Makassar berkekuatan 1.200 personil yang dipimpin oleh Ibnu Iskandar Datu Louadin, seorang Minangkabau yang tinggal menetap sebagai pemimpin masyarakat Melayu di Makassar.
Para pembesar Kerajaan Gowa dan sekutunya yang menolak menghentikan perang dengan VOC Belanda ini, menjadikan Kerajaan Banten di Pulau Jawa sebagai tujuan membuka front pertempuran baru. Disebabkan karena disana telah menetap lebih dulu Syekh Yusuf Tajul Khalwati Al Makassari (Tuanta Salamaka). Beliau adalah seorang putera Makassar, menantu I Mangngu’rangi Daeng Manrabia Sultan Alauddin Sombayya Gowa XVI (kakek Sultan Hasanuddin) yang diangkat sebagai "Mufti Kerajaan Banten", lalu dipermenantukan pula oleh Abu'l Fath Abdul Fattah Sultan Ageng Tirtayasa, Raja Banten (1651-1692).
Pada masa pasca Perjanjian Bungaya yang kontroversial itu, telah terjadi perselisihan dalam keluarga antara Sultan Ageng Tirtayasa dengan puteranya sendiri, yakni : Sultan Abu Nashar Abdul Kahar yang dikenal pula sebagai "Sultan Haji".
Sultan Haji adalah seorang yang sangat loyal terhadap VOC Belanda, sesuatu yang justru sangat dibenci oleh ayahandanya. Sultan Haji dihasut oleh Belanda dengan mengadu domba dengan Keluarganya sendiri, dengan alasan bahwa tahta kerjaan akan diserahkan kepada saudaranya (Pangeran Purbaya) jika tidak segera bertindak. Maka terjadilah pendurhakaan seorang putera kepada ayahandanya demi menuruti bujuk rayu VOC Belanda yang teramat sangat mempengaruhi pola berpikirnya. Maka Perang Banten yang terkenal itu meletus, perang antara ayah dan anaknya.
Perang Banten terjadi pada tahun 1678 sampai tahun 1684, perang antara Sultan Ageng Tirtayasa dengan Puteranya sendiri (Sultan Haji). Sultan Ageng Tirtayasa beserta puteranya yang lain bernama: Pangeran Hasan (Pangeran Purbaya) dibantu oleh Syekh Yusuf dan Karaeng Galesong serta para pemberani Makassar melawan Sultan Haji yang dibantu sepenuhnya oleh VOC Belanda. Perang itu berkecamuk dengan dahsyatnya, mengakibatkan korban jiwa dan harta benda yang amat banyak.
Di tengah berlangsungnya Perang Banten yang melibatkan banyak tokoh berbagai bangsa itu, tibalah Raden Kejoran (Panembahan Rama), seorang ulama dan termasuk kerabat dekat Kerajaan Mataram di Banten. Beliau adalah mertua Raden Trunojoyo yang sedang membangun pergerakan melawan Prabu Amangkurat I, Sultan Mataram. Atas permintaan dari Adipati Anom, Raden Kejoran meminta bantuan kepada para petinggi Makassar untuk membantu pergerakan Raden Trunojoyo melawan dominasi VOC Belanda di Jawa Tengah dan Jawa Timur.
Oleh karena adanya pertimbangan dari Syekh Yusuf, maka I Mannidori Kare' Tojeng Karaeng Galesong  dan Karaeng Bontomarannu memenuhi undangan itu, melanjutkan perjuangan melawan VOC di Front Jawa Tengah dan Jawa Timur. Berangkatlah kedua pemberani Makassar itu bersama segenap laskarnya untuk bergabung dengan Raden Trunojoyo di Kediri yang turut pula dibantu oleh  Daeng Mangika (putera Sultan Muhammad Ali Sombayya Gowa XVIII), I Mappa Arung Tonra Karaeng Rappocini', Karaeng Mamampang dan Sultan Harun Al Rasyid Karaeng Tallo yang disertai oleh para laskar Bima.  Dalam bulan itu pula, susul menyusul pemberani lainnya untuk membantu Raden Tunojoyo, yakni : I Muntu Daeng Mangappa dan I Ata Tojeng Daeng Tulolo bersama segenap laskarnya pula.
Di masa itu Karaeng Galesong diakrabi oleh Trunojoyo dan mendapat restu menikahi putrinya yang bernama Suratna, untuk mempererat hubungannya. Bersama Trunojoyo, bara perlawanan kepada Kompeni tak jua padam. Mereka bersatupadu melanjutkan perlawaanan di kerjaan Mataram terhadap Belanda pada tahun 1676-1679.
Di bawah pimpinan Trunojoyo, pasukan gabungan orang-orang Madura, dan pemberani Makassar, dan Surabaya berhasil mendesak pasukan Amangkurat I. Kemenangan demi kemenangan atas pasukan Amangkurat I menimbulkan perselisihan antara Trunojoyo dan Adipati Anom. Trunojoyo diperkirakan tidak bersedia menyerahkan kepemimpinannya kepada Adipati Anom. Sehingga berbalik mendukung ayahnya dan memusuhi Trunojoyo.
Sebelum pernikahan antara Karaeng Galesong dengan anaknya, Trunojoyo meminta Karaeng Galesong dengan pasukannya membantu menyerang Gresik dan Surabaya yang berada dalam kekuasaan Adipati Anom, Dalam beberapa kali pertempuran dengan Belanda yang membantu Mataram, Pasukan Karaeng Galesong seperti ditulis ahli sejarah Belanda, Degraff, Karaeng Galesong berhasil mengobrak-abrik pasukan Adipatai Anom yang kemudian lari ke jawa Tengah. Akhirnya pasukan Madura dan Makassar berhasil merebut Karta (Keraton Plered) ibukota Mataram pada bulan oktober 1676. Kemuduian I Mannindori Karaeng Galesong memindahkan ibukota itu ke Kediri. Setelah Karta direbut, Amangkurat I terpaksa melarikan diri dari keratonnya dan berusaha menyingkir ke arah barat, akan tetapi kesehatannya mengalami kemunduran. Setelah terdesak ke Wonoyoso, ia akhirnya meninggal di Tegal dan dimakamkan di suatu tempat yang bernama Tegal Arum. 
Karaeng Galesong Abadi di Ngantang, Kabupaten Malang
Menurut catatan sejarah, di akhir perjuangannya di tanah Jawa. Beliau wafat Pada tanggal  21 November 1679 di daerah Ngantang Kabupaten Malang. Kisah kematiannya diperoleh sejarawan Leonard Andaya dari Kolonel Archief, yang catatannya sekarang masih tersimpan rapi di Denhaag.
Demikianlah Sejarah Perjuangan Karaeng Galesong, yang dapat saya shrae pada kesempatan ini.
Daftar Pustaka
Zainuddin Tika dkk, Daeng Ruru, . 2008. Panglima Perang Kerajaan Perancis, Pustaka Refleksi, Makassar
1985 Manusia Bugis-Makassar, Inti Idayu Press. Jakarta
Ahimsah, Heddy Shri. 1988. Minawang Hubungan Patron Klien di Sulawesi Selatan, Gajah Mada University Press. Yogyakarta
Latif, Abdul. 1994 “Galesong Di Masa Lalu, Studi Tentang Sejarah Maritim di Sulawesi Selatan”. Lembaga Penelitian, Unhas. Ujung Pandang
Mama’dja, A. J. Bostan Daeng. 1988. Sejarah Kerajaan Dan Perjuangan Karaeng Galesong Pada Abad XV – XIX (tidak dipublikasikan)
Manyambeang, A. Kadir (dkk). 1983. “Jiwa Laut Dalam Sastra Makassar”, Universitas Hasannudin. Ujung Pandang
Meko, Frieds. 1998.  “Dimensi Sosial Budaya Masyarakat Lokal dalam Pembangunan”. (Kompas, 12 Februari 1998)
Mg, A. Muin. 1977. Menggali Nilai Sejarah Kebudayaan Sulsera “Siri” dan “Pacce”, Mappress. Ujung Pandang
1974 “Bugis-Makassar Dalam Manusia dan Kebudayaan” Dalam Berita Antropologi Terbitan Khusus No. 16
1987 Dinamika Bugis-Makassar, Sinar Krida. Ujung Pandang

Patunru, Abdul Razak Daeng. 1969. Sejarah Gowa, YKSSP. Ujung Pandang

15 komentar:

  1. Makasih Atas Kunjungan Dan Pujiannya Gan :)

    BalasHapus
  2. Bura'nena bura'nea, legend pokoknya

    BalasHapus
  3. terima kasih kunungannya Cika :)

    BalasHapus
  4. Mantap penting perjuangannya...salut

    BalasHapus
  5. Saya bangga tinggal di galesong ternyata leluhur kami pemberani bura'ne bura'nea.

    BalasHapus
  6. Ada berbagai macam versi tentang kematiannya. Hanya saja di sini tidak dijelaskan secara gambalang.
    Sampai sekarang masih simpang siur.

    BalasHapus
  7. Bagi yang mau mempelajari sejarah tentang Sulawesi Selatan secara lengkap silahkan baca referensi dari karangan Abdul Razak Daeng Patunru.
    Hanya saja bahasa yang di gunakan belum baku. Sehingga perlu pemahaman tersendiri serta di baca berulang-ulang untuk menemukan maksud penulis.
    Akan tetapi sampai saat ini buku-buku dari karangan beliau sudah sangat sulit di temukan di pasaran.
    Bahkan sepertinya sudah tidak ada lagi. Alangkah lebih baik jika seandainya ada penerbit yang mau mencetak kembali dengan berbagai perbaikan dari srtuktur bahasa agar generasi penerus bisa mempelajari tentang semangat juang dari para pendahulunya.

    BalasHapus
  8. Ngeri-ngeri sedap, Ewako Galesong.!!!

    BalasHapus
  9. Rewako to Galesong, thanks sudah berkunjung kawan :)

    BalasHapus
  10. Karaeng galesong tu baranina bura'nea salut

    BalasHapus
  11. Ewako gowa sy bangga dengan darah bajeng yg mengalir di tubuhku

    BalasHapus

Kalau ada yang kurang, dan berniat bertanya. fragen Sie bitte.

silahkan tulis di kolom komentar ada di bawah.
danke für ihren besuch..